Tumpukan penumpang disalah satu gate di bandara |
Namun kali ini salah satu alasan penerbanganku ditunda adalah karena bandara sedang kedatangan tamu negara RI, wah kalo alasan ini bikin kita cukup luar biasa, apalagi delaynya berjam jam.
Maklum saya tinggal dijakarta pusat, bangun pagi pagi sudah mempersiapkan diri supaya 2 jam sebelum keberangkatan sudah sampai di ruang check in, begitulah kebiasaan saya demi mendapatkan pelayanan yang sewajarnya dari pihak pesawat yang memang harga penerbangannya relatif lebih murah dibandingkan maskapai lain.
Memang sudah kebiasaan saya untuk datang jauh lebih awal dari jadwal keberangkatan karena saya trauma dengan maskapai satu ini. Beberapa bulan lalu pernah saya mau terbang dari Denpasar menuju Malang, dan saya sangat dengan percaya diri meluncur ke bandara ngurah rai satu jam sebelum keberangkatan, maklum tempat menginap saya tidak jauh dari bandara, sampai ditempat check in tepat jam saya menunjukkan jam 30 menit sebelum keberangkatan.
Penumpang Mengamuk meminta penjelasan keberangkatan yang tidak jelas. |
Kagetnya saya ketika mau check in, petugas bilang kalau saya sudah telat 30 menit untuk check in, dan tiket saya dinyatakan hangus. Saya tanya sekali lagi kepada petugasnya, petugasnya bilang kalau pesawatnya belum berangkat, namun waktu check in sudah habis. Dan dengan sedikit kesal saya menerima apa yang menimpa saya.
Hari ini saya kena pesawat delay yang cukuplama lagi, alasannya karena kedatangan tamu negara RI, sudah 4 jam menunggu di bandara karena delay yang katanya 1 jam sudah berlalu 2 jam. Maklum rakyat kecil. memang serba salah, kalau kita marah sendiri bukan malah jawaban yang kita dapat, yang ada nanti kita diusir karena tidak terima.Kali ini saya tidak menyalahkan teman teman yang sampai memukul meja petugas bandara menanyakan sebenarnya apa yang terjadi dan berapa lama harus menunggu. Para penumpang marah bukan hanya merasa tidak diperlakukan adil tetapi juga kuatir kalau pesawat tidak jadi berangkat, karena info dari beberapa penumpang, maskapai ini beberapa kali membatalkan penerbangan setelah sekian lama terlunta lunta menunggu.
Namun dari semua cerita itu, pasti banyak dari anda yang bertanya tanya kenapa saya atau penumpang lain masih tetap saja memilih maskapai ini untuk terbang. Jawabannya adalah simple, semua itu karena kita tidak punya pilihan lain, andai saja ada pilihan lain dengan harga terjangkau, pasti maskapai ini tidak memiliki penumpang. Maklum dijaman ekonomi sekarang ini kita harus memilih semuanya yang ekonomis, telat telat dikit bukan masalah buat leel ekonomi seperti kita, yang penting ada penjelasan yang pasti. dan hak penumpang jika terjadi delay benar benar diberikan sebagai tanda permohonan maaf.
Semoga ulasan ini dapat dibaca oleh semua maskapaidi negara kita bahwa, suatu saat jika kita cukup banyak uang, semua maskapaimodel begini akan ditinggalkan pelanggan setia, dan harapan kita semoga diperbaiki managementnya.